welcome

Selasa, 13 Maret 2012

Resume Kelompok 2 : Perilaku Konsumen


Resume Kelompok 2 : Perilaku Konsumen
Pengertian perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian dan penggunaan produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen :
1.      Faktor sosial,
a.      Group
b.      Family Influence
c.       Roles and status
2.      Faktor personal,
a.      Economic situation
b.      Lifestyle
c.       Personality and self concept
d.      Age and Life Cycle Stage
e.      Occupation
3.      Faktor psychological
a.      Motivation
b.      Perception
c.       Learning
d.      Beliefs and attitude
4.      Faktor cultural
a.      Subculture
b.      Social class
Pendekatan prilaku konsumen
1.      Teori Kardinal
Teori kardinal menyatakan bahwa kegunaan dapat dihitung secara nominal
2.      Teori ordinal
Teri ordinal kegunaan tidak dapat dihitung tetapi hanya dapat dibandingkan
·         Kurva indiferensi
·         Kurva garis anggaran
·         Perubahan harga barang dan pendapatan

Berikut adalah perilaku konsumen Indonesia menurut Handi Irawan yaitu,
1.      Berfikir jangka pendek
2.      Tidak terencana
3.      Suka berkumpul
4.      Gagap teknologi
5.      Berorientasi pada konteks
6.      Suka buatan luar negeri
7.      Beragama
8.      Gengsi
9.      Budaya lokal
10.  Kurang peduli lingkungan

Jadi fokus dari prilaku konsumen adalah bagaimana individu dapat membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya yang telah tersedia secara sebaik baiknya untuk mengkonsumsi suatu barang.
Dalam kasus yang dibahas pada kelompok kami ,kami mebahas tentang pruduk buatan dalam negri, yaitu mobil ESEMKA.walaupun sudah banyak, yang memesan mobil tersebut tetapi untuk merealisasikannya mungkin masih jauh, karena untuk uji emisi saja mobil tersebut tidak lulus, padahal salah satu syarat untuk sebuah mobil beroprasi adalah lulus uji emisi.  Akan tetapi untuk urusan pemesanan masih banyak juga yang masih memesan pruduk luar negri, itu disebabkan karena faktor gengsi, faktor ikut-ikutan. Di indonesia ini masyarakatnya masih sangat jauh untuk mencintai produk dalam negri mereka lebih memilih produk luar negri, padahal banyak di luat negri yang menjual brended bermerek indonesia !! tapi kenapa kita malah memilih untuk memakai buatan luar negri ???
Jadi saya harap masyarakat indonesia mulailah mencintai produk dalam negri, karena produk dalam negri tidak kalah bagusnya dengan buatan luar negri !!!
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar